0.0 |
1 |
SK Ijin opreasioanal PS |
2 |
SK dan sertifikat akreditasi PS sebelumnya |
1.1 |
1 |
Dokumen mekanisme penyusunan visi keilmuan dan tujuan PS (daftar hadir, notulen rapat, keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat) |
2 |
Dokumen penyusunan visi keilmuan dan keselarasan dengan visi kelembagaan UPPS dan PT. |
3 |
Instrumen, pelaksanaan dan hasil survei visi keilmuan dan tujuan PS. |
4 |
Dokumen strategi pencapaian visi keilmuan dan tujuan PS. |
5 |
SK penetapan visi keilmuan PS |
2.1 |
1 |
Dokumen mekanisme pemilihan pimpinan PS dan UPPS |
2 |
Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan. |
3 |
Dokumen sistem tata pamong |
4 |
Dokumen struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab (job description) |
5 |
Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan |
6 |
Dokumen renstra dan renop PS |
7 |
Dokumen SOP |
2.3 |
1 |
Dokumen tentang jaminan mutu, struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab, dan dokumen mutu. |
2 |
Dokumen hasil audit mutu internal |
3 |
Dokumen monev hasil penjaminan mutu |
4 |
Dokumen bukti tindak lanjut temuan |
5 |
Dokumen terlaksananya siklus PPEPP dan pelaksanaan penjaminan mutu. |
3.1 |
1 |
Dokumen sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi: 1. Kebijakan penerimaan mahasiswa baru 2. Kriteria penerimaan mahasiswa baru 3. Instrumen penerimaam mahasiswa baru 4. Sistem pengambilan keputusan |
2 |
Dokumen upaya peningkatan animo calon mahasiswa dalam negeri dan luar negeri. |
3 |
Dokumen data mahasiswa reguler 5 tahun terakhir |
4 |
Daftar lulusan dalam 5 tahun terakhir termasuk IPK lulusan. |
5 |
Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penerimaan mahasiswa baru. |
3.2 |
1 |
Dokumen data program layanan dan pembinaan mahasiswa. |
2 |
Dokumen laporan pelayanan kepada mahasiswa, antara lain: 1. Minat dan bakat 2. Bimbingan konseling 3. Pembinaan softskill 4. Keprofesian 5. Beasiswa 6. Kesehatan |
3 |
Dokumen kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan. |
4 |
Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan. |
5 |
Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan program layanan dan pembinaan mahasiswa. |
4.1 & 4.2 |
1 |
Pedoman tertulis tentang rekrutmen, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan. |
2 |
Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan. |
3 |
Dokumen hasil monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan. |
4 |
Dokumen pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan. |
5 |
Data dosen homebase, DTPS dan tenaga kependidikan. |
6 |
Dokumen sertifikat pendidikan, ijazah pendidikan terakhir, dan jabatan fungsional dosen dan tenaga kependidikan. |
7 |
Data beban kerja dosen tetap pada tahun akademik terakhir (TS). |
8 |
Data kegiatan mengajar dosen tetap pada semester gasal dan genap pada TS. |
9 |
Data jumlah bimbingan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi dosen dalam 3 tahun terakhir. |
10 |
Data prestasi/rekognisi DTPS baik ditingkat intenasional, nasional dan lokal dalam 3 tahun terakhir. |
11 |
Dokumen bukti prestasi/rekognisi DTPS |
12 |
Data prestasi dan dokumen bukti prestasi tenaga kependidikan dalam 3 tahun terakhir. |
13 |
Data pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan. |
14 |
Dokumen bukti pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan. |
5.1 |
1 |
Dokumen bukti keterlibatan PS dalam perencanaan anggaran dan pengelolaan dana. |
2 |
Data penggunaan dana pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi, prasarana dan sarana pendidikan dalam 3 tahun terakhir. |
3 |
Data rincian dana penelitian dalam 3 tahun terakhir |
4 |
Data rincian dana pengabdian kepada masyarakat (PkM) dalam 3 tahun terakhir. |
5 |
Dokumen pengelolaan dana |
6 |
Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan dana dan administrasi umum. |
5.2 |
1 |
Daftar inventaris prasarana dan sarana pembelajaran baik di PS, UPPS dan PT. |
2 |
Dokumen kondisi dan kualias prasarana dan sarana |
3 |
Dokumen bukti penggunaan prasarana dan sarana |
4 |
Dokumen bukti aksesibilitas prasarana dan sarana dalam kegiatan perkuliahan, pembimbingan, ujian, seminar, lokakarya dan lain-lain. |
5 |
Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan prasarana dan sarana. |
6.1 |
1 |
Dokumen kebijakan pengembangan kurikulum |
2 |
Dokumen analis dan evaluasi pemutahiran kurikulum |
3 |
Bukti keterlibatan berbagai pihak (dosen, mahasiswa, alumni, stakeholder, asosiasi, kesepakatan prodi sejenis) dalam pengembangan kurikulum PS. |
4 |
Dokumen kurikulum (profil lulusan, CPL, bidang kajian, daftar mata kuliah, dan perangkat pembelajaran) |
5 |
RPS mata kuliah |
6 |
Contoh soal ujian dalam satu tahun terakhir untuk lima mata kuliah keahlian berikut RPS. |
7 |
Dokumen bukti dukungan UPPS dalam pengembangan kurikulum PS |
8 |
Dokumen bukti kurikulum mendukung kebijakan MBKM |
9 |
Dokumen evaluasi peningkatan kualitas kurikulum PS. |
10 |
Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan kurikulum PS. |
6.2 |
1 |
Dokumen pelaksanaan tridarma |
2 |
Dokumen tentang kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan |
3 |
Dokumen sistem pengembangan suasana akademik |
4 |
Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pembalajaran. |
5 |
Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian dan PkM. |
6.2.2 |
1 |
Data hasil penelitian dan PkM yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran. |
2 |
Dokumen bukti integrasi |
6.2.3 |
1 |
Dokumen mekanisme monitoring perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa) |
2 |
Data dan bukti hasil monitoring perkuliahan |
3 |
Dokumen tindak lanjut hasil monitoring perkuliahan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. |
6.3 |
1 |
Dokumen panduan penilaian pembelajaran |
2 |
Dokumen pelaksanaan penilaian pembelajaran sesuai yang ditetapkan dalam kurikulum. |
3 |
Dokumen sistem informasi dalam proses penilaian pembelajaran. |
6.4 |
1 |
Dokumen tertulis terkait pembelajaran mikro dan teknis pelaksanaannya. |
2 |
Bukti ketersediaan dan kelayakan prasarna dan sarana dalam pembelajaran mikro. |
3 |
Instrumen penilaian pembelajaran mikro |
4 |
Dokumen bukti pelaksanaan pembelajaran mikro |
5 |
Data rekaman pembelajaran mikro |
6.5.2.1 |
1 |
Dokumen bukti pembimbingan akademik, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan. |
2 |
Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan akademik. |
6.5.2.3 |
1 |
Dokumen bukti pembimbingan magang kependidikan, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan. |
6.5.2.5 |
1 |
Dokumen panduan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi |
2 |
Dokumen bukti pembimbingan tugas akhir/skripsi, tesis dan disertasi. |
3 |
Data jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan dalam 3 tahun terakhir di semua PS. |
4 |
Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan tugasakhir, skripsi, tesis, dan disertasi. |
6.6.2.1 |
1 |
Dokumen kegiatan akademik diluar perkuliahan yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS. |
2 |
Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan |
6.6.2.2 |
1 |
Dokumen kegiatan dosen tamu dan tenaga ahli yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS. |
2 |
Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan. |
6.7 |
1 |
Instrumen survei kepuasan mahasiswa dalam kinerja mengajar, layanan administrasi akademik, dan prasarana dan sarana |
2 |
Dokumen pelaksanaan survei kepuasan mahasiswa |
3 |
Hasil survei kepuasan mahasiswa |
4 |
Dokumen tidak lanjut pengukuran kepuasan mahasiswa |
7.1 |
1 |
Dokumen pedoman penelitian |
2 |
Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian |
7.2.1 |
1 |
Hasil penelitian (rekapitulasi judul dan dokumen laporan penelitian) yang tertulis dalam LED. |
7.2.2 |
1 |
Data penelitian yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir. |
2 |
Dokumen bukti keterlibatan mahasiswa disertai deskripsi kegiatan dalam penelitian. |
8.1 |
1 |
Dokumen pedoman pengabdian kepada masyarakat |
2 |
Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pengabdian kepada masyarakat. |
8.2.1 |
1 |
Hasil pengabdian kepada masyarakat (rekapitulasi judul dan dokumen laporan PkM) yang tertulis dalam LED. |
8.2.2. |
1 |
Data PkM yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir |
2 |
Dokumen bukti keterlibatan mahasiswa disertai deskripsi kegiatan dalam PkM. |
9.1.2.1 |
1 |
Data lulusan dalam 3 tahun terakhir |
2 |
IPK lulusan (minimum, maksimum, dan rata-rata) |
9.1.2.2 |
1 |
Data prestasi (juara 1, juara 2, juaran 3, harapan 1) mahasiswa dalam 3 tahun terakhir |
2 |
Dokumen bukti prestasi mahasiswa |
9.1.2.3 |
1 |
Data mahasiswa yang diterima dan lulus sesuai yang tertulis pada LED. |
2 |
Dokumen bukti kelulusan dan keberhasilan studi |
3 |
Dokumen sistem informasi terkait kelulusan tepat waktu dan keberhasilan studi. |
9.1.2.4 |
1 |
Dokumen tertulis pelacakan lulusan |
2 |
Instrumen pelacakan lulusan |
3 |
Data lulusan dan lulusan yang terlacak sesuai yang tertulis pada LED. |
4 |
Dokumen bukti pelacakan lulusan dan hasilnya. |
5 |
Dokumen sistem informasi dalam kegiatan pelacakan lulusan. |
9.1.2.5 |
1 |
Data hasil pelacakan lulusan berdasarkan tingkat relevansi pekerjaan sesuai yang tertulis pada LED |
9.1.2.6 |
1 |
Instrumen survei kepuasan pengguna lulusan |
2 |
Dokumen pelaksanaan dan hasil survei tingkat kepuasan pengguna lulusan |
3 |
Dokumen tindak lanjut yang dilakukan UPPS/PS sesuai jenis kemampuan dan tingkat kepuasan pengguna. |
4 |
Dokumen sistem informasi dalam survei tingkat kepuasan pengguna lulusan. |
9.2.2.1 |
1 |
Artikel ilmiah (rekapitulasi judul dan dokumen artikel/tautan) yang jumlahnya tertulis dalam LED. |
9.2.2.2 |
1 |
Dokumen sitasi publikasi ilmiah |
9.2.2.3 |
1 |
Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang diadopsi masyarakat. |
2 |
Dokumen bukti adopsi |
9.2.2.4 |
1 |
Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang ber-HKI atau Paten. |
2 |
Dokumen bukti adopsi yang sah (dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan HAM atau pihak lain yang berwenang) |
Dokumentasi Video/Live |
1 |
Fasilitas laboratorium, ruang kelas, perpustakaan, pengelola sistem informasi, ruang dosen, ruang tenaga kependidikan, fasilitas umum, dan fasilias pendukung lainnya. |